PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA MODEL PISA
MENGGUNAKAN KONTEKS LAMPUNG
TESIS
Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Memperoleh Gelar
Magister Pendidikan (M.Pd)
Pada
Program Studi Magister Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Oleh:
YUDI YUNIKA PUTRA
NIM 06022681318068
PROGRAM STUDI MAGISTER PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SRIWIJAYA
JUNI 2015
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui karakteristik soal matematika model PISA menggunakan konteks Lampung yang valid dan praktis; dan 2) Mengetahui efek potensial soal matematika model PISA menggunakan konteks Lampung terhadap kemampuan literasi matematika siswa. Subjek dari penelitian ini adalah siswa SMP AR-RAIHAN Bandar Lampung dan siswa SMP YADIKA Natar Lampung Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalalah penelitian pengembangan yang terdiri dari dua tahap yaitu preliminary dan prototyping. Pada tahap preliminary dilakukan analisis subjek penelitian, analisis kurikulum, analisis konteks dan pembuatan instrumen. Pada tahap prototyping menggunakan desain formative evaluation yang meliputi: self evaluation, one-to-one dan expert review, small group, dan field test. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, walk through, tes, angket, dan wawancara. Hasil analisis data penelitian menunjukan bahwa karakteristik dari soal yang dikembangkan berdasarkan framework PISA 2015, menggunakan konteks Lampung, dan membantu siswa dalam menggunakan kemampuan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menghasilkan 15 butir soal matematika model PISA menggunakan konteks Lampung yang valid dan prakris serta memiliki efek potensial, yaitu berpotensi mengeksplorasi kemampuan literasi matematis siswa yang dibuktikan dengan indikator-indikator Kemampuan Dasar Matematika (KDM) yang mendasari tiga proses matematika dalam merumuskan, menafsirkan, dan menerapkan selama proses dalam menyelesaikan soal
Kata kunci : Penelitian pengembangan, Soal matematika model PISA, dan konteks Lampung
ABSTRACT
The aimed of this research is 1) knowing the characteristics of like-PISA problems using context Lampung which are valid and practice; and 2) knowing the potential effect of like-PISAproblemsusing context Lampung toward students’ ability of mathematics literacy. Subject of this research are students from SMP AR-RAIHAN Bandar Lampung and SMP YADIKA Natar South Lampung. Development research was chosen as research method which is consist of two phases namely preliminary and prototyping. In preliminary, researcher was analyzed subject of this research, analyzed curriculum, analyzed context and made the instruments. In prototyping, researcher used design of formative evaluation which are: self evaluation, one-to-one and expert review, small group and field test. Data were collected through documentation, walk through, test, questionnaire, and interview. The result of this research shown that characteristics of the problems based on PISA framework 2015, using context Lampung, and to help the students used mathematics ability in daily life. This research produce 15 items of like-PISA problems using context Lampung which are valid and practice. Besides that, the problems have potential effect that is exploring ability of mathematics literacy which is proven by indicators of the Ability of Basic Mathematics. It base three mathematics process in formulate, interpret and apply during process to solve the problems.
Keywords: Development Research, Mathematics Problems like-PISA, and Context Lampung.
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !