Dalam soal PISA terdapat 6 level kemampuan matematika, dimana semakin tinggi level soal berarti semakin sulit soal tersebut dan begitu sebaliknya. Berikut keenam level kemampuan matematika dalam PISA.
Level Kemampuan Matematika dalam PISA
Level
|
Kompetensi Matematika
|
6
|
Pada Level ini siswa dapat :
· Melakukan konseptualisasi dan generalisasi dengan menggunakan informasi berdasarkan penelaahan dalam suatu situasi yang kompleks.
· Menghubungkan sumber informasi berbeda dengan fleksibel dan menerjemahkannya.
· Berpikir dan bernalar secara matematika.
· Menerapkan pemahamannya secara mendalam disertai dengan penguasaan teknis operasi matematika, mengembangkan strategi dan pendekatan baru untuk menghadapi situasi baru.
· Merumuskan dan mengkomunikasikan apa yang mereka temukan.
· Melakukan penafsiran dan berargumentasi secara dewasa.
|
5
|
Pada Level ini siswa dapat :
· Bekerja dengan model untuk situasi yang kompleks, mengetahui kendala yang dihadapi, dan melakukan dugaan-dugaan.
· Memilih, membandingkan, dan mengevaluasi strategi untuk memecahkan masalah yang rumit yang berhubungan dengan model ini.
· Bekerja dengan menggunakan pemikiran dan penalaran yang luas,
· Menguhubungkan pengetahuan dan keterampilan matematikanya dengan situasi yang dihadapi.
· Melakukan refleksi dari apa yang ia kerjakan dan mengkomunikasikannya.
|
4
|
Pada Level ini siswa dapat :
· Bekerja secara efektif dengan model dalam situasi yang konkret tetapi kompleks.
· Memilih dan mengintegrasikan representasi yang berbeda, dan menghubungkannya dengan situasi nyata.
· Menggunakan keterampilannya dengan baik dan mengemukakan alasan dan pandangan yang fleksibel sesuai dengan konteks.
· Memberikan penjelasan dan mengkomunikasikannya disertai argumentasi berdasar pada interpretasi dan tindakan.
|
3
|
Pada Level ini siswa dapat :
· Melaksanakan prosedur dengan baik, termasuk prosedur yang memerlukan keputusan secara berurutan.
· Memilih dan menerapkan strategi memecahkan masalah yang sederhana.
· Menginterpretasikan dan menggunakan representasi berdasarkan sumber informasi yang berbeda dan mengemukakan alasannya.
· Mengkomunikasikan hasil interpretasi dan alasan mereka.
|
2
|
Pada Level ini siswa dapat :
· Menginterpretasikan dan mengenali situasi dalam konteks yang memerlukan inferensi langsung.
· Memilah informasi yang relevan dari sumber tunggal dan menggunakan cara representasi tunggal.
· Mengerjakan algoritma dasar, menggunakan rumus, melaksanakan prosedur atau konvensi sederhana.
· Memberikan alasan secara langsung dan melakukan penafsiran harafiah.
|
1
|
Pada Level ini siswa dapat :
· Menjawab pertanyaan yang konteksnya umum dan dikenal serta semua informasi yang relevan tersedia dengan pertanyaan yang jelas.
· Mengidentifikasi informasi dan menyelesaikan prosedur rutin menurut instruksi yang eksplisit.
· Melakukan tindakan sesuai dengan stimulus yang diberikan.
|
(OECD; 2013)
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !