PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA MODEL PISA KONTEN BILANGAN UNTUK MENGETAHUI KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA
Yudi Yunika Putra1, Zulkardi2, Yusuf Hartono3
1Mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Matematika Unsri
2Guru Besar Program Studi Magister Pendidikan Matematika Unsri
3Dosen Program Studi Magister Pendidikan Matematika Unsri
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) menghasilkan soal matematika model PISA konten bilangan yang valid dan praktis dan 2) mengetahui bagaimana efek potensial dari soal model PISA konten bilangan terhadap kemampuan literasi matematika.Subjek dari penelitian ini adalah siswa SMP AR-RAIHAN Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalalah penelitian pengembangan yang terdiri dari dua tahap yaitu preliminary dan prototyping. Pada tahap preliminary dilakukan analisis subjek penelitian, kurikulum, analisis content dan pembuatan instrumen. Pada tahap prototyping digunakan desain formative evaluation yang meliputi: self evaluation, one-to-one dan expert review, small group, dan field test. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah walk through (tahap expert review) untuk mengetahui validitas soal baik itu dari segi konten, konstruk, dan bahasa; analisis proses one-to-one, small group dan angket pada (tahap small group) untuk mengetahui kepraktisan soal; hasil tes, angket dan wawancara (tahap field test) untuk mengetahui efek potensial soal. Dari hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) penelitian ini menghasilkan 4 butir soal matematika model PISA konten bilangan yang valid dan praktis. Soal dinyatakan valid dari segi konten, konstruk, dan bahasa berdasarkan dari komentar atau saran expert dan hasil analisis kuantitatif pada uji validitas kriteria; sedangkan soal dinyatakan praktis karena soal bisa dipahami oleh siswa dan dapat diimplementasikan dengan baik; dan 2) soal matematika model PISA konten bilangan memiliki efek potensial terhadap siswa; berdasarkan hasil tes dan angket semua Kemampuan Dasar Matematika (KDM) dilibatkan siswa dalam menjawab soal.
Kata kunci : Pengembangan Soal, PISA, konten bilangan, literasi matematika
ABSTRACT
The aims of the research are (1) to product content quantity PISA-like problems which validity and practicality, and (2) to know the potential effect of the content quantity mathematical PISA-like problems for mathematic literacy ability. The subjects of the research are student SMP AR-RAIHAN Bandar Lampung. The research method used is development research which consist of two stages, they are preliminary and prototyping. In the preliminary stage have been done analysis for research subject, curricula, analysis for content and manufacture of instruments. Meanwhile, in prototyping stage used formative evaluation which includes : self evaluation, one-to-one,expert review, small group, and field test. The data collection techniques used in the research were walk through (expert review stage) for knowing the validity of the content, construct, and language. Analysis one-to-one stage, small group stage, and quetionaire (small group stage) for knowing the practicality; test results, quetionaire, and interview (field test stage) for knowing potential effect. Based on the data analysis of research, it can be concluded that: 1) this research produced 4 items of content quantity PISA like mathematical problems which are valid and practice.The problems declared valid based on comments about content, construct, and language by experts and analysis in validity criteria; otherwise practical based on the student argumentation such as the problems can be understood by student and can be implementation properly; and 2) Of content quantity PISA like mathematical problems has potential effect on student. Based test result and questionnaire all based mathematical ability (KDM) be used student for answer questions.
Keyword : Development research, PISA, quantity content, mathematical literacydownloas pdf in here
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !