Sebelum menjawab soal dibawah lihat informasi soal di
: http://pemerhatipisaindonesia.blogspot.co.id/2015/12/prototipe-1-petunjuk-informasi-umum.html
Soal
No 6
Jika kain yang
digunakan semakin luas dengan motif sama dengan sebelumnya, yang manakah yang
meningkat lebih cepat; jumlah motif (harimau dan gajah) atau luas kain?
Jelaskan alasanmu !
No Soal
|
Uji
|
Pakar/
Subyek Siswa
|
Komentar/Respon
|
Keputusan Revisi
|
|
No 6
|
V-1
|
Potongan kain terlalu kecil
These are very tiny pieces of cloth. Does anyone want a 4 sq cm piece
of cloth. What is the real world context?
Bukan
pertanyaan literasi matematika
What is the real world reason for asking this question? It is not a mathematical literacy question
yet – just a question using a context.
|
Ø
Merevisi luas kain pada informasi umum
Ø
Merevisi pertanyaan bentuk open constructed-response menjadi selected response (multiple choice)
|
||
V-2
|
Dalam kriteria
penskoran
belum memberikan
apapun pembenaran matematika
In the criteria You have not provided any
mathematical justification for this statement
Informasi konteks dan
pertanyaan tidak relevan.
You should avoid including too many
words that are not relevant to the questions you want to ask. Otherwise, you
are simply making the problems more difficult be imposing a substantial
reading demand that is nothing to do with the mathematical content
|
Ø
Ø Merevisi
kalimat pada informasi
|
|||
V-4
|
Kata “dengan” bagian informasi diganti “ukuran”
|
Ø Mengganti
kata “ukuran” pada kata“dengan” pada bagian informasi
|
|||
V- 5
|
Sebaiknya rubrik penskoran nya dibuat maksimal karena
level 6
|
Ø Merevisi
rubrik penskoran berdasarkan standar PISA
|
|||
V-6
|
Besaran nilai pada soal terlalu besar, akan menimbulkan
kontra fakta
Gambar harus sebanding dengan banyak dan luas
Redaksi kalimat dipersingkat
|
Ø
Merevisi besaran nilai pada soal
Ø
Merevisi gambar konteks
Ø
Merevisi kalimat pada soal
|
|||
S-1
|
Maksud soal diperluas,belum tentu sesuai dengan pola
motif.
|
Ø Merevisi
kalimat pada soal
|
|||
S-2
|
Tidak paham maksud pola dalam informasi apa maksud n=1,
n=2,n=3.
|
Ø Memberikan
keterangan n = pola motif
|
|||
S-3
|
Pada kata “motif sama dengan sebelumnya” membingungkan.
Tidak paham maksud soal.
Bahasa sulit dipahami.
Soalnya sulit dipahami, saya tidak bisa menjawab.
Apakah soalnya berpola sama atau tidak.
|
Ø Merevisi
pertanyaan bentuk open
constructed-response menjadi selected
response (multiple choice)
|
Penting !
Hasil revisi soal dapat dilihat disini : http://pemerhatipisaindonesia.blogspot.co.id/2015/12/soal-pisa-level-4_30.html
Video penelitian dapat dilihat disini : https://www.youtube.com/watch?v=m-aiIfL_tds
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !