body{display:block; -khtml-user-select:none; -webkit-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; -o-user-select:none; user-select:none; unselectable:on;}
Home » » Soal PISA dan Jawaban Lengkap

Soal PISA dan Jawaban Lengkap

Written By https://www.pendaftaranmahasiswa.web.id/ on Senin, 04 Januari 2016 | 21.51


Butuh buku referensi tentang literasi matematika (Mathematical Literacy) meliputi:

  1. Buku Literasi Matematika (Mathematical Literacy): Soal Matematika Model PISA Menggunakan Konteks Bangka Belitung
  2. Tesis "Pengembangan Soal Matematika Model PISA Menggunakan Konteks Lampung"
  3. Laporan Penelitian Dikti "Pengembangan Soal Matematika Model PISA Menggunakan Konteks Bangka Belitung".
  4. Rujukan Jurnal PISA menggunakan Konteks Daerah'

Melihat hasil PISA siswa Indonesia yang selalu peringkat 10 dari bawah membuat admin merasa perhatian atas hal itu apalagi hasil PISA terbaru tahun 2012 Indonesia peringkat 64 dari 65 Negara peserta PISA. Postingan kali ini hanya bermaksud agar soal-soal berikut dapat dijadikan referensi buat siswa Indonesia agar kedepannya Indonesia lebih sukses dalam tes PISA.
Berikut soal-soal matematika model PISA semoga dapat bermanfaat ! Terima kasih

Sangat berterima kasih sekali apabila semuanya mau memberikan komentar dan saran yang bertujuan untuk perbaikan prestasi siswa Indonesia di penilaian PISA.   


PISA (Program for International Student Assessment) merupakan sebuah penilaian secara internasional yang diselenggarakan oleh OECD terhadap keterampilan dan kemampuan siswa usia 15 tahun (OECD, 2013; Shiel, Perkins, Close, & Oldham, 2007 ) usia dimana siswa di sebagian besar Negara mendekati akhir dari wajib belajar (Stacey, 2011). Keterampilan dan kemampuan dalam PISA yang dinilai meliputi matematika,  membaca, dan  sains (OECD, 2003; Stacey, 2012), pisa pertama dilaksanakan pada tahun 2000 dan kemudian dilaksanakan 3 tahun sekali (Shiel, Perkins, Close, & Oldham, 2007 ; Kemendikbud, 2011).



Dari mulai tahun pertama penilaian PISA dilaksanakan selalu menyertakan kemampuan literasi matematika (OECD, 2003; OECD, 2005; OECD, 2009; OECD, 2010; OECD, 2013). Literasi matematika adalah kemampuan seseorang untuk merumuskan, menerapkan dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks, termasuk kemampuan melakukan penalaran secara matematis dan menggunakan konsep, prosedur, dan fakta untuk menggambarkan, menjelaskan atau memperkirakan fenomena/kejadian (OECD, 2013; Stacey, 2012).   



Pentingnya literasi matematis ternyata belum diikuti dengan prestasi siswa Indonesia di mata dunia. Penguasaan literasi matematis siswa Indonesia jauh dari yang diharapkan ini terlihat dari studi internasional PISA dimana pada hasil PISA tahun 2000 Indonesia peringkat ke- 39 dari 43 negara peserta (OECD, 2003), pada tahun 2003, Indonesia peringkat ke- 38 dari 41 negara peserta (OECD, 2005), pada PISA tahun 2006, Indonesia peringkat ke-50 dari 57 negara peserta (OECD, 2007) pada tahun 2009, Indonesia peringkat 61 dari 65 negara peserta (OECD, 2010), Serta penilain PISA tahun 2012  Indonesia peringkat ke-64 dari 65 negara peserta (OECD, 2013)
Berikut Soal Model PISA  






Soal No 1


Terdapat almari es yang dilengkapi dengan Anti-Bacterial Health Guard yang akan membuat hidup Anda lebih segar dan lebih sehat dengan perlindungan alami yang higienis. 4 tahap pada filter “Health Guard” efektif menyingkirkan 99% bakteri, debu dan bau tak sedap. 3 tahap pertama melenyapkan bakteri yang bersirkulasi bersama udara dan filter terakhir menghilangkan bau tak
sedap.

Jika almari es ini difoto dari atas, maka gambar yang cocok adalah ....























Jawaban : D

Soal No 2
Setelah diurutkan berdasarkan berat terkecil, hitunglah jumlah total berat kaleng bernomor genap!
Jumlah berat kaleng bernomor genap      = 3,08 +3,17+3,20+3,30+3,40

                                                                  = 16,15 gram

Untuk soal nomor 3, 4 dan 5

Gambar di bawah menunjukkan piramida penduduk Indonesia tahun 1990, tahun 2005 dan tahun 2020.


Soal No 3
Pada batas usia berapakah laki-laki (Male) mengalami perubahan kenaikan lebih dari 2 juta (millions) dari tahun 1990 sampai dengan tahun 2005?

 Jawaban 20 - 24 tahun

Soal No 4
Berdasarkan pertumbuhan jumlah penduduk laki-laki tahun 1990-2005, Pada kisaran umur berapakah jumlah penduduk mengalami penurunan?

Jawaban: kisaran umur 10 - 14 tahun


Soal No 5
Berapa perkiraan jumlah penduduk perempuan yang berumur di bawah 15 tahun di tahun 2020?


Jawaban:
     0 – 4 tahun     = 8 juta
     5 – 9 tahun     = 9 juta
     10 – 14 tahun  = 10 juta

Jumlah  penduduk perempuan di bawah 15 tahun = 27 juta


Soal No 6
Perhatikan gambar di bawah!


Pak Dono ingin membuat rumah dengan sketsa seperti pada gambar di atas. Dia ingin membeli kayu untuk membuat kuda-kuda yang berbentuk segitiga sama kaki. Jika ukuran kuda-kudanya sesuai dengan gambar di atas, tentukan tinggi kuda-kuda tersebut.


Jawaban:  t = 5 m


Soal No 7
Seorang petugas memperbaiki lampu ditepi jalan mendaki. Petugas menyandarkan tangga ke tiang listrik sehingga membentuk segitiga antara tangga, tiang, dan jalan. Sudut dalam dan sudut luar antara ujung tangga dengan tiang listrik x0 dan 5x0. Sudut antara tangga dengan jalan 530. Berapa besar sudut antara jalan dengan tiang listrik? Jenis segitiga apa yang dibentuk tangga, jalan dan tiang listrik?


Jawaban: 
Sudut antara jalan dengan tiang listrik = 1800 – (53+30)0 = 970
Merupakan jenis segitiga tumpul

Soal No 8









Pada perlombaan lompat indah, empat orang juri memberikan tiga kriteria penilaian kepada peserta lomba dengan interval skor 1 – 10. Hasil penilaian tampak pada tabel berikut.



Jika kriteria salto kontra dihilangkan karena tidak memenuhi persyaratan dalam kriteria penilaian nasional, maka apa yang dapat kamu simpulkan pada saat sebelum dan sesudah kriteria salto kontra dihilangkan? Jelaskan


Jawaban:




Kesimpulan : Sebelum dikurangi K3, pemenangnya Budi dengan jumlah nilai 89

                      Sesudah dikurangi K3, pemenangnya Budi dengan jumlah nilai 60

Soal No 9

Pada perlombaan lompat indah, 3 orang juri memberikan kriteria penilaian kepada peserta lomba dengan skor 1-10. Hasil penilaian tampak pada tabel berikut.



Jika salah satu peserta atlit lompat indah yang bernama Budi tidak dapat mengikuti perlombaan karena cedera, maka agar Anton dapat mengungguli Deni, pada kriteria manakah Anton harus meningkatkan prestasinya?
A. Salto ke depan
B. Salto ke belakang
C. Salto ke depan dan salto kontra

D. Salto ke depan dan salto ke belakang

Jawaban : D


Soal No 10

Toko “ FINA “ di jl. Raya Parseh Bangkalan Madura menerima kiriman sarden sebanyak 500 kaleng per hari. Jika terjadi kerusakan pelabelan pada kaleng sarden, pemilik toko mendapatkan potongan harga 5% per kaleng. Oleh sebab itu pihak toko melakukan pemeriksaan setiap hari. Pada hari pertama ditemukan kerusakan pelabelan 15 kaleng. Pada hari keempat ditemukan kerusakan pelabelan sebanyak 33 kaleng. Berapakah banyak kerusakan pelabelan pada hari kedua puluh lima?


Share this article :

29 komentar:

  1. selamat pagi...mohon maaf saya mau menanyakan, sistem penskorannya bagaimana ya ? sangat berterima kasih jika berkenan menjjawab pertanyaan saya ini, mohon bantuannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan buka http://www.magistermatematika.com/2017/04/soal-pisa-2015-paket-1-2-dan-3.html

      Hapus
    2. saya sudah mencoba buka url itu tapi tidak bisa.
      saya juga menanyakan bagaimana skoring-nya, makasih.

      Hapus
  2. Kok skor negara kita jelek ya, padahal soal gampang kyk gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. tingkat kognitif kita sama anak 15 tahun apa sama kak?

      Hapus
    2. Aku umur 14 tahun, tapi menurut saya itu soalnya gampang, kemungkinan sih banyak temen2 yg masih ogah2 an sekolahnya, asal masuk sekolah aja
      Tapi, kalau di korea, anak2 sekolahnya dituntut hrs bisa makanya angka bunuh diri di sana besar akibat stress

      Hapus
    3. Iya aku juga umur 13 tahun dan soal ini bisa dibilang cukup mudah.Dan juga soal semacam ini banyak di ulangan sekolah aku (terutama PTS dan PAS).Malahan lebih susah daripada ini.

      Hapus
  3. Karena anak anak indonesia itu malas untuk membaca , sebenarnya ini baru sebagian kecil soal pisa , soal pisa yg hot itu bacaannya bisa 2 layar mas , terimakasih

    BalasHapus
  4. Halo Dedy jadi saya ingin mengatakan bahwa nampaknya ada kesalahan hitung pada soal nomor 7

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayak nya angka 30 tersebut terdiri atas tangga , jalan dan tiang listrik mungkin aku juga umur 13 THN berusaha mikir kenapa bisa begitu hasilnya ,btw kita harus sama sama kerja sama buat Indonesia berada di tingkat yang paling tinggi !!!

      Hapus
    2. Jadi 30° itu dari 6x = 180°, jadi x = 180°: 6 = 30°.

      6x itu asalnya dari 5x+x=6x yang mebentuk garis lurus. Garis lurus itu sudutnya 180°

      Hapus
  5. Saya mau nanya, untuk mendapatkan soal PISA yg sesuai konten dan levelnya kira kira dimana ya,, terimakasih

    BalasHapus
  6. Saya mau nanya, untuk mendapatkan soal PISA yg sesuai konten dan levelnya kira kira dimana ya,, terimakasih

    BalasHapus
  7. Kalau boleh tau, untuk mendapatkan soal PISA seperti itu yg sesuai konten dan levelnya dmna ya? Terimakasih

    BalasHapus
  8. makasih kak,. sangat bermanfaat..

    BalasHapus
  9. Saya ingin setiap pasien herpes membaca kesaksian saya, nama saya SARAH MORGAN dari California di AS, saya menghubungi genital herpes dari mantan pacar saya yang tidak pernah mengalami gejala apa pun. Saya sudah memilikinya selama 4 bulan sekarang, dan itu telah mempengaruhi hidup saya. Saya telah memberi tahu pacar saya bahwa saya memercayai hal itu dan saya tidak pernah memiliki reaksi yang buruk, itu telah mempengaruhi hubungan baru saya dengan Smith dan orang-orang berpikir herpes benar-benar iritasi kulit ringan herpes memiliki efek jangka panjang pada kesehatan. Stigma yang melekat pada virus ini oleh orang-orang bodoh itu konyol. Kebanyakan orang menderita herpes dalam satu bentuk atau lainnya. Saya ingin memberi tahu orang-orang tentang bagaimana saya menyingkirkan herpes saya dan saya membaca komentar di internet, dan saya melihat kesaksian yang diposting oleh seorang wanita dari Jerman bahwa dia menyingkirkan herpesnya dengan bantuan DR AHKIGBE dan sebagainya. Saya sangat senang ketika melihat posting itu, bahwa pengobatan herbalnya gratis dan saya dengan cepat mengumpulkan email dokter herbal dan saya mengirim email kepadanya dalam 3 jam dia menjawab email saya dan saya menjelaskan beberapa hal kepadanya, dia mengatakan kepada saya untuk tidak khawatir bahwa dia akan menyembuhkan saya sepenuhnya dengan obat herbal, dia hanya meminta sedikit uang yang akan dia gunakan untuk membeli barang untuk persiapan obat herbal, berharap saya kirim kepadanya karena rasa sakitnya terlalu banyak untuk saya tanggung dan setelah beberapa beberapa hari dia mengatakan kepada saya bahwa dia telah menyiapkan obat herbal, bahwa saya harus mengirimkan alamat saya kepadanya bahwa dia ingin mengirimkannya kepada saya melalui DHL atau FED-EX, itulah cara saya mendapatkan obat herbal dan saya menggunakannya seperti yang diperintahkan dan Setelah beberapa hari saya mengetahui bahwa herpes saya sudah tidak ada lagi, saya pergi ke rumah sakit untuk konfirmasi dan memang benar begitulah cara saya sembuh. DR AKHIGBE juga menyembuhkan penyakit mematikan lainnya seperti, HIV / AIDS, HERPES, DIABETES, KANKER, ALS, ASTHMA, HERPAPITIS A&B, DEMAM BERDARAH, RABIES, THYROID, MENINGITIS, LUPUS, EPILEPSI, PENYAKIT KRONIK, PENYAKIT KULIT, BENCANA DIALA JOIN PAIN, STOMACH PAIN, SCHIZOPHRENIA, POLIO, MULTIPLES SCLEROSIS, PRESURE DARAH TINGGI, TUBERCULOSIS, ALZHEIMER, PENLARASIAN PENIS, PARKINSON'S, untuk mendapatkan ridge Anda dengan baik melalui emailnya: drrealakhigbe@gmail.com hubungi nomor situsnya: +21290 dengan https://blogspot.com //drrealakhigbe.weebly.com Anda masih dapat menulis saya di Instagram untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. pada Sarah Morgan.

    BalasHapus
  10. Era saat ini sdh saatnya seorang guru harus mengusai soal2 PISA. Untuk itu gmn caranya untuk mendptkn soal2 PISA? Hal ini akn sangat membantu guru dlm mempersiapkn kebijakan Mas Menteri Pendidikan.
    Trims atas atensi dan bantuannya

    BalasHapus
  11. itu dia masalahnya, kok ya susah untuk akses soal PISA terutama yang sains, kalaupun ada cm dikit, padahal kan dari tahun 2000 udah diujikan pada siswa indonesia per 3 tahun, yang di ekspose melulu cm perolehan hasil siswa yang rendah, kalau soal PISA disosialisasikan ke guru, terus guru merancang pembelajaran yang sesuai dengan soal yang dinyatakan sulit tersebut apa ia siswa gak bisa jawab soalnya? ayo pak menteri nadiem, jgn cm cuap2 dengan statemen aja, bantu kami dan mudahkan untuk akses soal PISA, tuh pertanyaan diatas semua pada minta link download soal, gak ada yang jawab....

    BalasHapus
  12. No. 10 jawabannya 99?
    Karna pake Un = 6n+9

    BalasHapus
  13. No.10 jumlah kerusakan pada hari ke 25=159 kaleng

    BalasHapus
  14. emang indonesia paling good lah dapet nilai terbawah, bangga dengan kebodohan. Langsung saja belajar di sainsologi

    BalasHapus
  15. Saya mau tanya soal pisa yang mengukur kemampuan berpikir kritis gimana yah ?

    BalasHapus
  16. Ya tapi ngapain pasien herpes ada disini

    BalasHapus
  17. Mohon maaf sebelumnya, mau tanya soal Pisa ini bisa di pelajari di anak SD tidak?

    BalasHapus
  18. Entah kenapa skor Indonesia rendah. Padahal soal gampang saja. Mungkin anak2 disini jarang yg ikut tes. Saya sendiri tak pernah mendengar tes ini. Dan seoertinya jarang diujikan di sekolah2 di Indonesia. Lalu drmn dapat skornya?.

    BalasHapus

Referensi PISA




Butuh buku referensi tentang literasi matematika (Mathematical Literacy) meliputi:
  1. Buku Literasi Matematika (Mathematical Literacy): Soal Matematika Model PISA Menggunakan Konteks Bangka Belitung (xii, 91 halaman)
  2. Tesis "Pengembangan Soal Matematika Model PISA Menggunakan Konteks Lampung"
  3. Laporan Penelitian Dikti "Pengembangan Soal Matematika Model PISA Menggunakan Konteks Bangka Belitung".
  4. Rujukan Jurnal PISA menggunakan Konteks Daerah
Silahkan hubungi WA: 081279499449 
Harga : Rp.245.000


 
Yudi Yunika Putra