body{display:block; -khtml-user-select:none; -webkit-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; -o-user-select:none; user-select:none; unselectable:on;}
Home » » Validasi Soal PISA Konteks: Anak Gunung Krakatau 3

Validasi Soal PISA Konteks: Anak Gunung Krakatau 3

Written By https://www.pendaftaranmahasiswa.web.id/ on Rabu, 30 Desember 2015 | 20.12

Soal No 12
Berikut ini adalah sketsa gambar lubang lava Gunung Anak Krakatau yang berbentuk kerucut terbalik. Saat ini ketinggian Anak Krakatau mencapai sekitar 230 meter di atas permukaan laut




Perkirakan berapa volume lubang lava tersebut? jelaskan strategimu!
No Soal
Uji
Pakar/
Subyek Siswa
Komentar/Respon
Keputusan Revisi
No 12
V-1
Pada sketsa mengapa gradien tidak 3/8, apakah diagram seluruh pegunungan atau hanya bagian atas
Why is the gradient not 3/8?
Is this a diagram of the whole mountain or the top section (with constant gradient)?

Tuliskan karakteristik respon siswa untuk menjawab, pada rubrik penskoran
You should score the answer, not the student. The student may be “not capable” or they may have just made an error. Write down characteristics of the response for scoring, not something about the student that the response does not properly decide.
Same comment elsewhere.
Ø Merevisi sketsa grafik

Ø Merevisi rubrik penskoran


V-2
Grid tidak kotak/persegi
You seem to have squashed the graphic so that the grid is not a grid of squares.
Tidak ada informasi yang cukup pada lubang lava
You do not give enough information for the reader to know what you mean by the ‘lave pit’. Is it the inverted cone shown in a darker shade of grey?

Ø Merevisi sketsa grafik


V-6

Lanjutan Tabel 4.8
Kata “gambar” pada soal dihilangkan


Pertanyaan terlalu matematisasi,sebainya pertanyaan berhubungan dengan konteks
Ø Menghilangkan kata “gambar” pada soal.

Ø Dipertahankan karena pertanyaan pada soal merupakan proses estimasi konteks


V-5
Mengapa kemiringan tidak sama pada sketsa sebelumnya
Ø Merevisi sketsa grafik



S-1
Kurang memahami sketsa gambar dalam menghitung tinggi.
Ø Memperjelas simbol tinggi pada sketsa

S-2
Kurang paham sketsanya, dibuat penjelasan atau diketahui berapa tingginya dan alasnya.


Simbol tinggi tidak kelihatan jelas.
Ø Dipertahankan karena pada soal melibatkan kemampuan KDM.
Ø Memperjelas simbol tinggi pada sketsa


S-3
Sulit membaca sketsa,

Seharusnya dikasih keterangan tingginya berapa,
Soal pada sketsa dikasih keterangan angka,
Soalnya ribet.
Ø Merevisi sketsa grafik
Ø Dipertahankan karena pada soal melibatkan kemampuan KDM.

Penting !
Untuk hasil revisi dapat dilihat disini : http://pemerhatipisaindonesia.blogspot.co.id/2015/12/soal-pisa-level-6_30.html
Video penelitian dapat dilihat disini : https://www.youtube.com/watch?v=SN9w5c4fkuY 
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Referensi PISA




Butuh buku referensi tentang literasi matematika (Mathematical Literacy) meliputi:
  1. Buku Literasi Matematika (Mathematical Literacy): Soal Matematika Model PISA Menggunakan Konteks Bangka Belitung (xii, 91 halaman)
  2. Tesis "Pengembangan Soal Matematika Model PISA Menggunakan Konteks Lampung"
  3. Laporan Penelitian Dikti "Pengembangan Soal Matematika Model PISA Menggunakan Konteks Bangka Belitung".
  4. Rujukan Jurnal PISA menggunakan Konteks Daerah
Silahkan hubungi WA: 081279499449 
Harga : Rp.245.000


 
Yudi Yunika Putra