body{display:block; -khtml-user-select:none; -webkit-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; -o-user-select:none; user-select:none; unselectable:on;}
Home » » Soal Matematika Tipe PISA No 57-60

Soal Matematika Tipe PISA No 57-60

Written By https://www.pendaftaranmahasiswa.web.id/ on Sabtu, 02 Januari 2016 | 09.19

Assalamualaikum. 
Berbicara tentang PISA dimana Indonesia selalu menempati peringkat dari bawah, secara logis siswa perlu latihan dalam mengerjakan soal-soal setipe dengan PISA. Berikut  soal matematika tipe PISA yang bisa dijadikan referensi bagi semua pihak baik siswa maupun pemerhati pendidikan yang bertujuan tak lain untuk meningkatkan prestasi hasil PISA siswa Indonesia. Semoga postingan soal-soal PISA pada blog ini dapat ambil bagian dalam meningkatkan hasil PISA siswa Indonesia dimana peringkat  tes PISA terakhir tahun 2012 Indonesia peringkat 64 dari 65 Negara. Semoga bermanfaat !


Soal No 57


Toko Jaya Makmur di Jl.Juanda 18 Samarinda menerima kiriman 750 kaleng minuman kemasan per hari. Yanti adalah petugas toko tersebut yang bertugas menerima dan memeriksa barang yang datang. Pada hari pertama, ia menemukan kerusakan pelabelan kaleng sebanyak 10 kaleng. Pada hari kedua, ketiga dan seterusnya ia menemukan kerusakan : 17 , 24 , 31 , 38 , … Berapakah Jumlah kerusakan pelabelan selama 1 bulan? (1 bulan = 30 hari)

Jawaban:



Soal No 58

Pada perlombaan lompat indah, 3 orang juri memberikan kriteria penilaian kepada peserta lomba dengan skor 1-10. Hasil penilaian tampak pada tabel berikut:












Kriteria Penilaian:
K.1 = Salto Kedepan
K.2 = Salto Kebelakang
K.3 = Salto Kontra

Jika juri pertama berhalangan hadir, maka peserta manakah yang mendapatkan nilai akhir tertinggi?
A. Deni
B. Anton
C. Budi
D. Budi dan Deni


Soal No 59

Budi mempunyai 2 batang lidi, dengan panjang masing-masing 10 cm dan 15 cm. Budi membuat sebuah segitiga dari lidi-lidi tersebut. Lidi ketiga lebih panjang dari lidi pertama. Supaya ketiga lidi dapat berbentuk segitiga, maka kisaran panjang lidi ketiga adalah ….

Jawaban:


Soal No 60

Segitiga Bermuda adalah sebuah wilayah lautan di Samudra Atlantik seluas 1,5 juta mil^2 atau 4 juta km^2. Wilayah-wilayah tersebut membentuk garis segitiga antara Bermuda (wilayah territorial Britania Raya) sebagai titik di sebelah Utara, Puerto Riko (wilayah territorial Amerika) sebagai titik di sebelah Selatan, dan Miami (negara bagian Florida,
Amerika Serikat) sebagai titik di sebelah Barat. Jika sudut yang dibentuk terlihat seperti pada gambar, berapakah besar sudut-sudut pada segitiga yang belum diketahui? Tentukan jenis segitiga yang terbentuk!

Jawaban:






Penting !
Untuk melihat jawaban dari soal-soal PISA di atas dapat dilihat disini di Pemerhatipisaindonesia.blogspot.com 

Sangat berterima kasih sekali apabila saudara sekalian berkenan untuk memberikan komentar atau saran terhadap blog ini agar kedepannya lebih baik. Terima kasih



Share this article :

1 komentar:

  1. Mohon bantuannya. soal literacy sains model pisa d mana bs d akses?.Tdk..

    BalasHapus

Referensi PISA




Butuh buku referensi tentang literasi matematika (Mathematical Literacy) meliputi:
  1. Buku Literasi Matematika (Mathematical Literacy): Soal Matematika Model PISA Menggunakan Konteks Bangka Belitung (xii, 91 halaman)
  2. Tesis "Pengembangan Soal Matematika Model PISA Menggunakan Konteks Lampung"
  3. Laporan Penelitian Dikti "Pengembangan Soal Matematika Model PISA Menggunakan Konteks Bangka Belitung".
  4. Rujukan Jurnal PISA menggunakan Konteks Daerah
Silahkan hubungi WA: 081279499449 
Harga : Rp.245.000


 
Yudi Yunika Putra